Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Gerakan Lompat Jauh untuk Kesehatan Tubuh Menurut SehatQ.com

Olahraga lompat jauh memang cukup jarang dijadikan sebagai permainan oleh masyarakat Indonesia dibandingkan dengan permainan jenis lainnya. Baik itu voli, basket, sepak bola, dan lainnya. Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat dari olahraga tersebut saat dilakukan dengan rutin.

Mengenal Olahraga Lompat Jauh

Merupakan salah satu cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan kombinasi kekuatan, kecepatan, serta kelincahan dalam melemparkan diri menuju papan tolakan. Tujuan dari olahraga ini sendiri adalah untuk mencapai jarak lompatan sejauh mungkin.

Gerakan Lompat Jauh

Lompatan dengan jarak jauh tersebut ditujukan ke bagian letak pendaratan atau yang lebih dikenal dengan sebutan bak lompat. Olahraga ini sendiri pada dasarnya sudah dimainkan sejak 13 abad yang lalu. Kemudian olahraga tersebut sudah mulai dijadikan sebagai bagian dari cabang olahraga pada olimpiade yang dilaksanakan di tahun 1896.

Sebagai olahraga yang sudah termasuk sebagai olimpiade, tentu saja olahraga tersebut tidak bisa asal-asalan dilakukan. Tentu terdapat teknik gerakan tersendiri saat ingin memainkannya. Terlebih permainan ini sendiri tidak bisa dilakukan oleh kebanyakan orang tanpa latihan khusus dan rutin.

Gerakan Dasar dan Manfaatnya Untuk Tubuh

Meski cukup jarang terdengar sebagai olahraga yang dilakukan oleh masyarakat, olahraga satu ini termasuk sebagai olahraga dengan gerakan tersendiri. Setiap gerakan tersebut bahkan memiliki manfaatnya masing-masing. Seperti apa? Berikut beberapa gerakan dasarnya:

1.  Awalan

Awalan merupakan sebuah teknik yang dilakukan sebelum melompat jauh. Saat melakukan awalan, maka seseorang perlu melakukan sprint atau lari cepat dengan jarak pendek. Hal ini berarti, Anda akan dituntut untuk melakukan kecepatan maksimum saat berlari agar nantinya mendapat tolakan yang kuat.

Manfaat dari gerakan ini sendiri adalah membuat lari sprint lebih ringan dan lama-kelamaan akan menjadi terbiasa. Adanya gerakan tersebut juga dapat melatih otot tungkai menjadi lebih kuat lagi. Lari sprint yang dilakukan pun akan lebih kencang dan ringan.

2.  Tolakan

Gerakan ini dilakukan dengan manfaatnya dapat membuat otot kaki seseorang menjadi lebih kuat. Jika sudah terbiasa, maka gerakan tolakan tersebut pun dapat dilakukan dengan lebih mudah dan ringan. Seseorang juga akan lebih mudah fokus saat melakukan tolakan.

Nantinya, Anda perlu melakukan tolakan menuju papan tolak yang sudah disediakan. Dengan latihan tepat dan juga rutin, maka tentu siapa saja dapat menghasilkan tolakan yang terlihat baik dan benar. Hasil yang diperoleh pun juga akan lebih maksimal.

3.  Mendarat

Gerakan terakhir ini merupakan momen yang cukup dinanti-nanti. Apakah nantinya seseorang dapat menghasilkan lompatan terbaik atau justru sebaliknya. Adapun manfaat melakukan gerakan mendarat ini adalah melatih fokus saat mendaratkan kedua kaki.

Hal tersebut ditujukan agar nantinya tubuh tidak kehilangan keseimbangannya. Dengan begitu lompatan yang dihasilkan dapat mendarat dengan cara optimal. Selain itu, gerakan mendarat yang dilakukan ini juga dapat membuat otot tungkai lebih kuat.

Tanyakan Olahraga Anda Melalui Aplikasi SehatQ.com

Bagi mereka yang memiliki masalah mengenai kaki, tentu tidak bisa melakukan olahraga tersebut. Untuk itu, sebagai solusinya Anda bisa berkonsultasi serta bertanya langsung mengenai olahraga apa yang cocok untuk dilakukan kepada dokter berpengalaman lewat aplikasi SehatQ.com

Aplikasi ini menyediakan beragam artikel kesehatan yang lengkap serta layanan konsultasi kepada dokter dengan cara mudah, praktis, serta cepat. Dengan begitu, Anda bisa langsung bertanya mengenai olahraga apa yang cocok sesuai dengan kondisi tubuh.

Dengan bertanya melalui aplikasi SehatQ.com, maka Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu hanya untuk bepergian ataupun mengantri di rumah sakit. Waktu luang pun tidak akan tersita lebih banyak karena aplikasi ini bisa digunakan kapan saja dan dimana saja.

Segera download aplikasi SehatQ.com kemudian konsultasikan olahraga apa yang paling tepat berdasarkan kesehatan saat ini, termasuk lompat jauh. Anda bisa langsung mendownload aplikasi tersebut secara gratis atau tanpa biaya, baik itu melalui Play Store maupun Apps Store.

Posting Komentar untuk "Manfaat Gerakan Lompat Jauh untuk Kesehatan Tubuh Menurut SehatQ.com"