Thu. Sep 29th, 2022

Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu dipaksa harus mengakui keunggulan lawannya di final Indonesia Open 2021 hari ini, Minggu (28/11/2021). Pasangan Greysia/Apriyani yang dipaksa bermain sengit lewat rally panjang oleh wakil Jepang harus takluk lewat permainan dua set langsung. Peraih emas Olimpiade itu kalah atas Nami Matsuyama/Chiharu Shida (4/Jepang) dengan skor 19 21 dan 19 21.

Kekalahan dua set itu membuat pasangan Greysia/Apriyani harus menyerahkan gelar juara Indonesia Open 2021 kepada pasangan unggulan keempat asal Jepang tersebut. Salah satu hal menarik yang mewarnai laga kedua pasangan yakni rally terpanjang dengan 196 pukulan pada set pertama. Momen itu terjadi tepatnya ketika kedua pasangan memperebutkan poin ketujuh belas pada set pertama.

Poin ketujuh belas akhirnya berhasil dimenangkan oleh Greysia/Apriyani setelah pukulan lawan out. Terlepas dari hal itu, pasangan Nami Matsuyama/Chiharu Shida pun berhak menyegel gelar juara sekaligus mengawinkannya dengan trofi Indonesia Masters 2021, pekan lalu. Poin pertama set pertama berhasil dimenangkan oleh pasangan Indonesia, Greysia/Apriyani.

Pasangan Nami/Chiharu berbalik unggul setelah kesalahan Greysia menguntungkan keduanya, skor 1 2. Permainan rally cepat langsung diperlihatkan kedua pasangan untuk berburu poin pada awal pertandingan. Penempatan shuttlecock yang dilepaskan Chiharu beberapa kali mampu menyulitkan Indonesia.

Namun pasangan Jepang tersebut juga tak lepas dari kesalahan invidu termasuk pukulannya menyangkut di net. Skor masih ketat untuk keunggulan Nami/Chiharu dengan skor 3 5. Permainan apik yang diperlihatkan wakil Jepang pada awal laga tampak masih belum bisa diimbangi oleh Greysia/Apriyani.

Pukulan Apriyani akhirnya membuahkan hasil sekaligus memperkecil kedudukan menjadi 5 6. Wakil Jepang mendapatkan dua poin beruntun setelah serangannya membuahkan hasil masuk ke wilayah lawan tanpa bisa dikembalikan, skor menjauh 6 8. Kesalahan komunikasi yang tercipta antara Greysia dan Apriyani membuat wakil Jepang mendapatkan poin tambahan, skor 6 10.

Beruntung, pasangan Greysia/Apriyani bisa mengejar dalam mengejar poin dan mampu mendapat tiga poin beruntun. Peraih emas Olimpiade itu akhirnya mampu menyamakan skor setelah mendapat empat poin beruntun sebelum jeda interval pertama. Permainan apik Greysia dalam menempatkan pukulan di ruang yang kosong membuat wakil Jepang kesulitan dalam mengembalikannya.

Interval pertama pada set pertama akhirnya berhasil dimenangkan oleh Greysia/Apriyani dengan keunggulan sementara 10 11. Kebangkitan performa Greysia/Apriyani mampu berbuah lima poin beruntun dan bangkit dari ketertinggalan 6 10 menjadi 11 10. Poin beruntun Greysia/Apriyani akhirnya terhenti setelah pukulan Nami Matsuyama menembus pertahanan tuan rumah.

Rally luar biasa akhirnya dimenangkan oleh wakil Jepang setelah beberapa kali mereka diserang, skor berubah 12 12. Kombinasi apik Nami/Chiharu kembali membuahkan hasil, skor berbalik 12 13. Pengembalian bola yang kurang baik dari Greysia membuat wakil Jepang semakin jauh poinnya.

Greysia akhirnya berhasil menebus kesalahannya dengan melancarkan drive yang brilian di depan net, skor 13 15. Hanya saja memang keuletan bermain dari wakil Jepang membuat poin Indonesia langsung terhenti. Permainan semakin menarik setelah dua kesalahan beruntun dilakukan Nami yang membuahkan poin bagi Greysia/Apriyani, skor 16 16.

Rally panjang nan ketat berlangsung ketika kedua pasangan memperebutkan poin ke 17. Poin ketujuh belas akhirnya berhasil dimenangkan oleh Greysia/Apriyani setelah pukulan lawan out. Tercatat ada 192 pukulan yang mewarnai rally keduanya ketika memperebutkan poin tersebut.

Poin masih terlihat ketat mendekati match poin dimana kedudukan 19 19. Match poin pertama berhasil dimenangkan oleh wakil Jepang setelah smash Nami membuahkan poin, skor 19 20. Pasangan Jepang akhirnya berhasil menyegel set pertama dengan kemenangan tipis, 19 21.

Set kedua dimulai, poin ketat saling mengejar poin langsung menghiasi laga kedua pasangan. Pasangan Nami/Chiharu mampu unggul atas wakil Indonesia dengan skor 2 4. Beberapa kesalahan individu yang dilakukan Apriyani tampaknya perlu diminimalisir agar tidak menguntungkan lawan.

Pasangan Jepang kembali menjauh dengan keunggulan dua poin, skor 5 7. Usaha Greysia/Apriyani akhirnya membuahkan hasil dengan mendulang dua poin beruntun dan menyamakan skor. Pasangan Greysia/Apriyani justru mampu berbalik unggul dengan skor 10 8.

Interval pertama set kedua akhirnya berhasil dimenangkan Greysia/Apriyani dengan skor 9 11. Keunggulan pasangan Greysia/Apriyani semakin bertambah jauh dimana mereka unggul 15 11. Perjuangan tanpa mengenal lelah pasangan Jepang memang layak diacungi jempol.

Keunggulan empat poin pun berhasil disusul oleh wakil Jepang secara perlahan, skor berubah 17 17. Pasangan Jepang malah berbalik unggul setelah lucky ball mereka dapatkan. Pasangan Nami/Chiharu akhirnya tak bisa dihentikan dan berhasil menutup set kedua dengan skor identik 19 21.

Keduanya berhak menjadi juara setelah mengalahkan lawannya dengan skor 19 21 dan 19 21.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.