Thu. Sep 29th, 2022

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, PT Kereta Api Indonesia (KAI) membagikan11.000 voucher tiket KA Jarak Jauh yang ditujukanbagi veteran, guru, dan tenaga kesehatan kecuali dokter. Voucher tersebut dapat digunakan untuk periode keberangkatan 8 30 November 2021. "KAI mengucapkan terima kasih kepada para guru yang merupakan pahlawan tanpa tanda jasa, para tenaga kesehatan yang telah melayani masyarakat tanpa rasa lelah di masa pandemi, serta para veteran yang telah berjasa demi kemerdekaan Republik Indonesia," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus melalui Siaran Pers pada 5 November 2021.

Adapun pelayanan promo menggunakan voucher unregister. Tiket yang dicetak dengan voucher unregister tidak dapat dilakukan ubah jadwal, namun tetap dapat dibatalkan dan tidak berlaku pengembalian bea. Selama program Pahlawan Kemanusiaan ini berlangsung, satu identitas hanya berhak untuk satu kali perjalanan.

Voucher dapat diambil mulai 7 29 November 2021 di Loket atau Customer Service pada 12 Stasiun. 1. DAOP 1 Stasiun Gambir 2. DAOP 2 Stasiun Bandung

3. DAOP 3 Stasiun Cirebon 4. DAOP 4 Stasiun Semarang Tawang 5. DAOP 5 Stasiun Purwokerto

6. DAOP 6 Stasiun Yogyakarta 7. DAOP 7 Stasiun Madiun 8. DAOP 8 Stasiun Surabaya Gubeng

9. DAOP 9 Stasiun Jember 10. DIVRE 1 Stasiun Medan 11. DIVRE 3 Stasiun Kertapati

12. DIVRE 4 Stasiun Tanjungkarang Guru, tenaga kesehatan, dan veteran datang ke loket atau customer service di stasiun DAOP atau DIVRE. Berprofesi sebagai tenaga kesehatan ( bidan, perawat, apoteker, tenaga farmasi, tenaga administrasi dan driver ambulance ) dari klinik, puskesmas atau rumah sakit kecuali dokter.

Menunjukkan bukti identitas asli dan menyerahkan fotocopy bukti identitas/surat keterangan yang menyatakan profesi sebagai guru, tenaga kesehatan, dan veteran. Khusus anggota LVRI (Legiun Veteran RI) pengambilan voucher dapat diwakilkan, dengan tetap wajib menunjukkan identitas asli LVRI dan menyerahkan fotocopy identitas LVRI yang masih berlaku. Pelayanan dibuka mulai tanggal 7 29 November 2021, pukul 08.00 16.00, selama persediaan voucher masih ada.

Petugas customer service dan atau unit angkutan penumpang daerah melakukan verifikasi ID. Bila sudah sesuai dan berhak mendapatkan promo, voucher segera diisi dengan data penumpang yang bersangkutan. Voucher tidak dapat dipindahtangankan.

Voucher gratis kereta hanya dapat diambil dan langsung dicetak pada stasiun yang ditunjuk dan untuk tiket kereta api keberangkatan di DAOP atau DIVRE tersebut. Joni menjelaskan, pelanggan KA Jarak jauh tetap harus menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi Covid 19 dosis pertama dan surat keterangan hasil negatif Rapid Test Antigen maksimal 1×24 jam sebelum jadwal keberangkatan. Pemesanan tiket kereta api harus memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kolom nomor identitas.

Penggunaan NIK ini berlaku bagi pelanggan dewasa ataupun anak anak untuk memvalidasi status vaksinasi dan pemeriksaan Covid 19 calon pelanggan. Hal tersebut dikarenakan, KAI telah mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi dengan sistem boarding KAI.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.