Sun. Nov 27th, 2022

Pendaftar Kartu Prakerja Gelombang 25 dapat mengecek hasil seleksi di situs resmi Prakerja . Kartu Prakerja Gelombang 25 resmi ditutup pada ditutup pada Minggu, 3 April 2022. Nantinya, notifikasi hasil seleksi akan tampil di dashboard Kartu Prakerja atau melalui SMS pemberitahuan.

Bagi pendaftar Kartu Prakerja yang lolos wajib ikut pelatihan Kartu Prakerja yang dilakukan secara online. Peserta dapat login ke akun Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id, lalu cek di dashboard pada tanggal pengumuman. Peserta bisa mengecek dashboard Prakerja secara berkala.

Berikut cara melihat hasil seleksi Kartu Prakerja di dashboard: Jika di dashboard ada keterangan 'Pendaftaran sedang dalam evaluasi' artinya proses seleksi sedang berjalan; Untuk mengetahui apakah lolos seleksi gelombang, cek dashboard secara berkala;

Jika lolos seleksi, peserta akan mendapat notifikasi di dashboard dan diminta menonton tiga video pengenalan program Kartu Prakerja; Setelah itu, peserta dapat melihat Nomor Kartu Prakerja dan saldo pelatihan di dashboard. Segera beli satu pelatihan dari tujuh platform Digital yang ada.

Jika tidak lolos seleksi, bisa mengetahui alasannya di riwayat gelombang pada dashboard. Ada tiga status yang akan muncul di dashboard Kartu Prakerja ketika pengguna telah tergabung dalam gelombang. 1. 'Menunggu gelombang ditutup' artinya pengguna telah tergabung dan gelombang belum ditutup.

2. 'Sedang diproses' artinya saat gelombang sudah ditutup dan menunggu waktu seleksi. 3. 'Dalam proses seleksi' yakni Manajemen Pelaksana sedang melakukan seleksi. Selain itu, bagi pendaftar yang lolos seleksi Kartu Prakerja Gelombang 24 juga akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS.

Pastikan nomor telepon yang didaftarkan pada akun Kartu Prakerja aktif. Sementara itu, peserta yang tidak lolos tidak akan mendapatkan SMS pemberitahuan. Peserta yang dinyatakan lolos akan mendapatkan biaya pelatihan dan insentif pascapelatihan untuk meningkatkan kemampuan.

Bantuan dana pelatihan yang didapatkan sebesar Rp 1.000.000. Sementara untuk dana insentif pasca pelatihan sebesar Rp 2.400.000 yang akan diberikan sebesar Rp 600.000 selama 4 bulan. Terakhir dana insentif pengisian 3 survei evaluasi sebesar Rp 150.000 yang dibayarkan sebesar Rp 50.000 setiap survei.

Bantuan insentif akan diberikan setelah peserta selesai melakukan pelatihan dan mengikuti survei. Adapun dana insentif pelatihan bisa digunakan untuk mengikuti pelatihan Kartu Prakerja. Berikut cara ikut pelatihan Kartu Prakerja yang dikutip dari Instagram resmi Kartu Prakerja @prakerja.go.id:

1. Cek dashboard akun Prakerja untuk memastikan dana pelatihan sudah tersedia 2. Bandingkan pelatihan di Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Sekolahmu, atau Tokopedia 3. Peserta harus menonton video tentang Kartu Prakerja yang ada di dashboard sebelum membeli pelatihan pertama

4. Pilih pelatihan sesuai kebutuhanmu 5. Beli pelatihan dan bayar dengan nomor Kartu Prakerja 6. Batas waktu pembelian pelatihan adalah 30 hari sejak menerima SMS pengumuman. Bila lewat dari waktu tersebut, maka kepesertaan akan dicabut

Bantuan Kartu Prakerja tidak diberikan dalam bentuk kartu fisik. Peserta akan mendapatkan Nomor Kartu Prakerja yang dapat digunakan untuk membeli pelatihan. Masa pemberian bantuan insentif ini hanya akan berlaku tiga sampai empat bulan.

Untuk menukar kode voucher pelatihan Kartu Prakerja dari mitra Platform digital, peserta dapat mengikuti panduan berikut. 1. Peserta membeli pelatihan di salah satu dari platform digital yang tersedia, dengan memilih pelatihan yang diinginkan dan membayar dengan menggunakan 16 angka Nomor Kartu Prakerja. 2. Pastikan nomor handphone yang terdaftar di Kartu Prakerja aktif, karena peserta akan menerima nomor OTP.

3. Setelah itu, peserta mendapat Kode Voucher berbentuk gabungan acak huruf dan/atau angka. 4. Salin Kode Voucher tersebut untuk dipakai mengakses pelatihan yang sudah dipilih. 5. Kemudian buat akun (sign up) atau masuk (sign in) ke halaman lembaga pelatihan yang dipilih.

6. Cari kelas yang telah dipilih/beli. 7. Masukkan Kode Voucher, kemudian peserta baru bisa memulai pelatihan. Informasi lebih detil mengenai cara menggunakan/menukar Kode Voucher dapat dilihat masing masing lembaga pelatihan.

Bantuan Prakerja diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dari masyarakat di Indonesia.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *