Fri. May 20th, 2022

Produsen ponsel asal China, Xiaomi telah mengenalkan sistem antarmuka (user interface) terbarunya yaitu MIUI 13 kemarin, Selasa (28/12/2021). Dikutip dari , MIUI 13 dapat diperluas penggunaannya tidak hanya pada smartphone atau tablet saja tetapi aksesori Xiaomi lainnya seperti jam pintar, speaker, dan televisi. Kemudian Xiaomi menjelaskan jika MIUI 13 berfokus pada peningkatan fungsi utamanya di mana diklaim dapat meningkatkan kinerja perangkat hingga 52%.

Secar teknis peningkatan yang dimaksud adalah fitur Focused Algorithms, Atomized Memory, serta LIquid Storage yang merupakan kombinasi sistem untuk meningkatkan kapabilitas dalam sistem komputasi aplikasi berat. Dengan adanya fitur ini, Xiaomi mengklaim jika perangkat yang digunakan akan bertahan 36 bulan lebih lama. Lalu pada sektor privasi, Xiaomi mengimplementasikan proses verifikasi tiga tahap meskipun sepertinya hanya dapat bekerja pada beberapa region saja seperti dikutip dari .

Keamanan pertama dari MIUI 13 adalah face recognition lalu pembacaan watermark melalui ID pengguna serta fitur yang dinamakan electronic fraud protection . Untuk face recognition memiliki keunikan dimana sistem pengenalan tidak hanya pada wajah pemilik perangkat tetapi juga badan bagian atas. Sehingga dengan adanya sistem seperti ini, orang lain yang memiliki struktur tubuh berbeda tidak dapat mengakses perangkat meskipun memiliki kemiripan wajah.

Lalu untuk electronic fraud protection akan merekam situs dan perangkat yang mungkin membawa virus malware. Selain itu ada juga fitur dimana nomor telepon yang tidak dikenal akan dikelompokan sebagai ‘nomor jahat’ sehingga ketika pengguna dihubungi oleh nomor bersangkutan maka sistem akan menginformasikan sebelum disetujui. Hal lain yang ditemukan pada MIUI 13 adalah adanya font baru bernama Means.

Font ini dapat diunduh secara komersial dan dapat diinstal pada perangkat. Lalu untuk jenis fontnya sendiri adalah sans serif yang disederhanakan pada huruf, tanda, serta nomor. Kemudian MIUI 13 juga memiliki opsi wallpaper baru di mana tampilannya adalah sebuah bunga yang mekar pada satu sisi layar ketika melakukan proses pengisian daya.

Selain itu tampilan widget juga didesain ulang dengan bentuk lurus serta berposisi sejajar. Daftar perangkat yang mendapatkan update MIUI 13 adalah sebagai berikut: Mi11

Mi 11 Ultra Mi 11i Mi 11X Pro

Mi 11X Mi 11 Lite 5G Mi 11 Lite

Xiaomi Pad 5 Redmi 10 Redmi 10 Prime

Xiami 11 Lite 5G NE Xiaomi 11 Lite NE Redm Note 8 (2021)

Xiaomi 11 T Pro Xiaomi 11 T Redmi Note 10 Pro

Redmi Note 10 Pro Max Redmi Note 10 Redmi Note 10 JE

Perlu diketahui, jika pembaruan MIUI sudah tersedia maka pengguna bisa langsung memperbaharui dengan mengecek lewat menu “Software Setting” lalu klik tombol “Upgrade Now”. Kemudian belum ada kepastian terkait MIUI 13 juga dapat diupdate pada perangkat tipe Poco sehingga perlu dinantikan informasi resminya dari pihak Xiaomi.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.